IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 kenapa ... disebut ...

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: kenapa ... disebut ...   2nd December 2008, 08:01

Pada waktu kuliah dahulu, ayas sempat diberi satu pertanyaan simple tapi unik oleh seorang dosen psikologi. dia bertanya " kenapa manusia disebut manusia?"

nah pertanyaan ayas ini bukan pada kata "manusia" nya tapi lebih tertuju kepada kenapa ... (ini diisi apa aja boleh) disebut ... (sama seperti yan disebut didepan)

contoh :

kenapa komputer disebut komputer / kenapa uang disebut uang / kenapa cewek disebut cewek / yang lain- lain



silahkan ... 41
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
chiw
Orang Lapangan
Orang Lapangan
avatar

Jumlah posting : 210
Join date : 30.11.08
Age : 30
Lokasi : warung rahayu

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   2nd December 2008, 09:27

Jeepunc wrote:
Pada waktu kuliah dahulu, ayas sempat diberi satu pertanyaan simple tapi unik oleh seorang dosen psikologi. dia bertanya " kenapa manusia disebut manusia?"

nah pertanyaan ayas ini bukan pada kata "manusia" nya tapi lebih tertuju kepada kenapa ... (ini diisi apa aja boleh) disebut ... (sama seperti yan disebut didepan)

contoh :

kenapa komputer disebut komputer / kenapa uang disebut uang / kenapa cewek disebut cewek / yang lain- lain

silahkan ... 41

balik nanya ah...

kenapa "Kenapa" disebut dengan "Kenapa"?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://chiw.wordpress.com
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   2nd December 2008, 09:29

chiw wrote:
Jeepunc wrote:
Pada waktu kuliah dahulu, ayas sempat diberi satu pertanyaan simple tapi unik oleh seorang dosen psikologi. dia bertanya " kenapa manusia disebut manusia?"

nah pertanyaan ayas ini bukan pada kata "manusia" nya tapi lebih tertuju kepada kenapa ... (ini diisi apa aja boleh) disebut ... (sama seperti yan disebut didepan)

contoh :

kenapa komputer disebut komputer / kenapa uang disebut uang / kenapa cewek disebut cewek / yang lain- lain

silahkan ... 41

balik nanya ah...

kenapa "Kenapa" disebut dengan "Kenapa"?

nah itu juga bisa dijadikan atau masuk dalam contoh ayas 3
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
chiw
Orang Lapangan
Orang Lapangan
avatar

Jumlah posting : 210
Join date : 30.11.08
Age : 30
Lokasi : warung rahayu

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   2nd December 2008, 09:35

ini menurutku bahasan yang agak abu abu.

karena satu satunya definisi yang paling tepat hanyalah definisi linguistik.

kalo kayak komputer, mungkin itu creation dari manusia jaman sekarang, jadi mungkin kita masih bisa menelusurinya. Seperti kata Blog, darimana mereka berasal? ada alasannya, atau ada sejarah yang bisa ditelusuri asalnya darimana.


tapi ketika kata manusia, hidung, mulut, kaki dipertanyakan kenapa mereka harus dipakai untuk sesuatu, seingat saya, bahkan Nabi Adam pun hanya diperintahkan untuk menghafal nama nama benda di bumi dan langit, bukan kenapa harus memakai kata "BUMI" untuk bumi, "LANGIT" untuk langit, "MANUSIA" untuk manusia.

demikian...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://chiw.wordpress.com
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   2nd December 2008, 09:38

chiw wrote:
ini menurutku bahasan yang agak abu abu.

karena satu satunya definisi yang paling tepat hanyalah definisi linguistik.

kalo kayak komputer, mungkin itu creation dari manusia jaman sekarang, jadi mungkin kita masih bisa menelusurinya. Seperti kata Blog, darimana mereka berasal? ada alasannya, atau ada sejarah yang bisa ditelusuri asalnya darimana.


tapi ketika kata manusia, hidung, mulut, kaki dipertanyakan kenapa mereka harus dipakai untuk sesuatu, seingat saya, bahkan Nabi Adam pun hanya diperintahkan untuk menghafal nama nama benda di bumi dan langit, bukan kenapa harus memakai kata "BUMI" untuk bumi, "LANGIT" untuk langit, "MANUSIA" untuk manusia.

demikian...

yup mendekati jawaban, kurang 500 meter lagi 49
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
MOPRAD
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 133
Join date : 30.11.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   2nd December 2008, 12:10

29 Tanya Kenapa...?????

se tailing-iling e yaaaa......
Lek ga salah jarene buku sing pernah ta baca.....

Mboh iki temenan opo pas aku nglindur..

manusia disebut manusia karena manusia memiliki tubuh, alias MATERI. Manusia disebut manusia karena dia hidup di dalam dunia materi. Tapi Ketika mati, manusia tidak disebut manusia lagi namun disebut arwah. Sebagai arwah manusia tidak bisa berkarya dan tidak bisa ngapa-ngapain.

wes ngono ae

Sori lek rodo ngawur yaaaa... 46 46
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   2nd December 2008, 12:22

MOPRAD wrote:
29 Tanya Kenapa...?????

se tailing-iling e yaaaa......
Lek ga salah jarene buku sing pernah ta baca.....

Mboh iki temenan opo pas aku nglindur..

manusia disebut manusia karena manusia memiliki tubuh, alias MATERI. Manusia disebut manusia karena dia hidup di dalam dunia materi. Tapi Ketika mati, manusia tidak disebut manusia lagi namun disebut arwah. Sebagai arwah manusia tidak bisa berkarya dan tidak bisa ngapa-ngapain.

wes ngono ae

Sori lek rodo ngawur yaaaa... 46 46

kurang titik maneh, sek kurang 450 meter maneh ... lanjutkan perjuanganmu 35
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
zidani
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 105
Join date : 30.11.08
Age : 28
Lokasi : pokoknya warung yg bisa utk nyete

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   2nd December 2008, 14:14

ayo sing liyan e endi.....
aku tak 41 ngopi disik
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://maldani.co.cc
puteri
Orang Lapangan
Orang Lapangan
avatar

Jumlah posting : 174
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   3rd December 2008, 00:49

Jeepunc wrote:
Pada waktu kuliah dahulu, ayas sempat diberi satu pertanyaan simple tapi unik oleh seorang dosen psikologi. dia bertanya " kenapa manusia disebut manusia?"

nah pertanyaan ayas ini bukan pada kata "manusia" nya tapi lebih tertuju kepada kenapa ... (ini diisi apa aja boleh) disebut ... (sama seperti yan disebut didepan)

contoh :

kenapa komputer disebut komputer / kenapa uang disebut uang / kenapa cewek disebut cewek / yang lain- lain



silahkan ... 41


Sek aq tak kontak Nang TUHAN sek yooo 50 50 50
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
chiw
Orang Lapangan
Orang Lapangan
avatar

Jumlah posting : 210
Join date : 30.11.08
Age : 30
Lokasi : warung rahayu

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   3rd December 2008, 03:17

MOPRAD wrote:
29 Tanya Kenapa...?????

se tailing-iling e yaaaa......
Lek ga salah jarene buku sing pernah ta baca.....

Mboh iki temenan opo pas aku nglindur..

manusia disebut manusia karena manusia memiliki tubuh, alias MATERI. Manusia disebut manusia karena dia hidup di dalam dunia materi. Tapi Ketika mati, manusia tidak disebut manusia lagi namun disebut arwah. Sebagai arwah manusia tidak bisa berkarya dan tidak bisa ngapa-ngapain.

wes ngono ae

Sori lek rodo ngawur yaaaa... 46 46

kalo jawabannya seperti ini, maka timbul pertanyaan lagi. Kenapa "Arwah" Lantas disebut dengan "Arwah"? bukan "Mangkuk" atau kata yang lain?


kita tak tahu darimana awal sejarah bahasa, selain dari cerita yang tertulis di beberapa kitab.

terkecuali bahasa jawa, yang memang sarat dengan bermacam macam filosofi, sehingga kita bisa mencari jawaban kenapa wanita dinamakan wanita.

Sesungguhnya, YANG MAHA PINTAR telah menamakannya demikian, dalam berbagai macam bahasa. Human, Manusia, Menungso(kalo yang ini ada filosofinya kalo gak salah). dan dalam bahasa lain.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://chiw.wordpress.com
chiw
Orang Lapangan
Orang Lapangan
avatar

Jumlah posting : 210
Join date : 30.11.08
Age : 30
Lokasi : warung rahayu

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   3rd December 2008, 03:22

puteri wrote:
Sek aq tak kontak Nang TUHAN sek yooo 50 50 50

this is the correct answer ;)
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://chiw.wordpress.com
zidani
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 105
Join date : 30.11.08
Age : 28
Lokasi : pokoknya warung yg bisa utk nyete

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   3rd December 2008, 06:13

aku durung kuliah dadi orah ngerti.... 25
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://maldani.co.cc
iYuS
Tamu
Tamu
avatar

Jumlah posting : 53
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   3rd December 2008, 07:15

zidani wrote:
aku durung kuliah dadi orah ngerti.... 25

Aku wess kuliah Tapi DO dadi yo nggak eroh pisan..... 52 52
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   3rd December 2008, 07:44

chiw wrote:
MOPRAD wrote:
29 Tanya Kenapa...?????

se tailing-iling e yaaaa......
Lek ga salah jarene buku sing pernah ta baca.....

Mboh iki temenan opo pas aku nglindur..

manusia disebut manusia karena manusia memiliki tubuh, alias MATERI. Manusia disebut manusia karena dia hidup di dalam dunia materi. Tapi Ketika mati, manusia tidak disebut manusia lagi namun disebut arwah. Sebagai arwah manusia tidak bisa berkarya dan tidak bisa ngapa-ngapain.

wes ngono ae

Sori lek rodo ngawur yaaaa... 46 46

kalo jawabannya seperti ini, maka timbul pertanyaan lagi. Kenapa "Arwah" Lantas disebut dengan "Arwah"? bukan "Mangkuk" atau kata yang lain?


kita tak tahu darimana awal sejarah bahasa, selain dari cerita yang tertulis di beberapa kitab.

terkecuali bahasa jawa, yang memang sarat dengan bermacam macam filosofi, sehingga kita bisa mencari jawaban kenapa wanita dinamakan wanita.

Sesungguhnya, YANG MAHA PINTAR telah menamakannya demikian, dalam berbagai macam bahasa. Human, Manusia, Menungso(kalo yang ini ada filosofinya kalo gak salah). dan dalam bahasa lain.

wupsss hampir ... kurang 200 meter lagi

teruskan perjuanganmu 35 35
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
zidani
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 105
Join date : 30.11.08
Age : 28
Lokasi : pokoknya warung yg bisa utk nyete

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   3rd December 2008, 12:20

iYuS wrote:
zidani wrote:
aku durung kuliah dadi orah ngerti.... 25

Aku wess kuliah Tapi DO dadi yo nggak eroh pisan..... 52 52
entek" i duwek ae....

gawe nang warung kene po'o iso wareg.....


gawe tuku warung e yoh gpp kok
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://maldani.co.cc
bamz
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 146
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   3rd December 2008, 18:02

Menurut PPKn jaman SMP,
manusia disebut manusia karena ia berbeda dengan binatang.
Selain punya materi(tubuh/raga) ia punya akal hati dan akal.
Jadi,emang fari sononya dari segi kodrati-lah yang membuatnya berbeda.

Dalam PPKn,lumrah disebut bahwa pembawaan manusia adalah memiliki cipta,rasa,dan karsa.
Ada yang punya sudut panfdang lain??
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
bamz
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 146
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   3rd December 2008, 18:11

Cipta : kehendak yang kita cita citakan, atau kehendak yang kita pikirkan jadi cipta pikiran, dari cipta pikiran inilah muncul rasa..

Misalnya kalau kita memikirkan jeruk maka rasanya akan masam, masam itulah rasa jeruk yang ada dalam pikiran itulah cipta. segala sesuatu diawali dari cipta dulu baru nanti akan muncul rasa.

Terakhir adalah karsa yaitu suatu perwujudan dari rasa tadi..

Pendapat ayas bisa jadi benar,bisa jadi salah..

(ngopi sik..
41
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
chiw
Orang Lapangan
Orang Lapangan
avatar

Jumlah posting : 210
Join date : 30.11.08
Age : 30
Lokasi : warung rahayu

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 06:27

bamz wrote:
Menurut PPKn jaman SMP,
manusia disebut manusia karena ia berbeda dengan binatang.
lek jawabane koyok ngene Bamz...
aku tekon balik jajal...

kenopo 'binatang' kok disebut sebage 'binatang'? bukan 'meja' atau kata yang lain?

kalo masalah manusia berbeda dengan binatang karena kemampuan manusia menciptakan sebuah budaya, yaitu memiliki cipta rasa, dan sebagainya itu, itu hanyalah menjelaskan sifat sifat yang tak dimiliki oleh jenis mahkluk yang sama sama hidup lainnya. tapi tidak menjelaskan kenapa harus disebut dengan sebuah kata yaitu : MANUSIA.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://chiw.wordpress.com
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 07:32

bener kabeh ....

iki jawaban dari seorang dosen psikologi yang memberikan pertanyaan itu kepada ayas beberapa tahun lalu.

kenapa ... disebut ... ??

jawabannya adalah KESEPAKATAN

lho koq iso?

simple aja, apabila kesepakatan antara dua orang atau lebih, kesepakatana antara satu kelompok atau lebih, kesepakatan antar satu negara atau elbih, kesepakatan seluruh dunia tidak tercapai maka kata tersebut tidak akan pernah ada.

contoh :

ndek omah sebelah, samurai x aliyas anang (walah kuwalik gpp wes) banyak yang menyebut samuri, ada juga yang menyebut samurat, ayas menyebut samutong, dalam hal ini satu obyek mempunyai panggilan berbeda-beda, hal tersesbut menandakan belum tercapainya kesepakatan panggilan apa yang cocok dan bisa dipakai untuk semuanya.

contoh kedua, dalam lingkup dunia. mata uang amerika. seluruh pelosok dunia sepakat akan nama dollar. tidak ada orang yang menyebut uang kertas dollar amerika itu dengan sebutan yen atau poundsterling atau juga rupiah. dollar ya tetap dollar karena sudah terjadi kesepakatan yang tidak tertulis didalamnya.



3
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
chiw
Orang Lapangan
Orang Lapangan
avatar

Jumlah posting : 210
Join date : 30.11.08
Age : 30
Lokasi : warung rahayu

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 07:36

Jeepunc wrote:
bener kabeh ....

iki jawaban dari seorang dosen psikologi yang memberikan pertanyaan itu kepada ayas beberapa tahun lalu.

kenapa ... disebut ... ??

jawabannya adalah KESEPAKATAN

lho koq iso?

simple aja, apabila kesepakatan antara dua orang atau lebih, kesepakatana antara satu kelompok atau lebih, kesepakatan antar satu negara atau elbih, kesepakatan seluruh dunia tidak tercapai maka kata tersebut tidak akan pernah ada.

contoh :

ndek omah sebelah, samurai x aliyas anang (walah kuwalik gpp wes) banyak yang menyebut samuri, ada juga yang menyebut samurat, ayas menyebut samutong, dalam hal ini satu obyek mempunyai panggilan berbeda-beda, hal tersesbut menandakan belum tercapainya kesepakatan panggilan apa yang cocok dan bisa dipakai untuk semuanya.

contoh kedua, dalam lingkup dunia. mata uang amerika. seluruh pelosok dunia sepakat akan nama dollar. tidak ada orang yang menyebut uang kertas dollar amerika itu dengan sebutan yen atau poundsterling atau juga rupiah. dollar ya tetap dollar karena sudah terjadi kesepakatan yang tidak tertulis didalamnya.



3


10

bechul syekale...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://chiw.wordpress.com
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 07:39

ngembalikan ciyuman mamah 10


Terakhir diubah oleh Jeepunc tanggal 4th December 2008, 07:39, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
iYuS
Tamu
Tamu
avatar

Jumlah posting : 53
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 07:39

duh.... ngomong opo seh wong kabeh iki.....

51 51 51 51 51

Sebenarnya itu masalah simple......

Pernah Liat Film Arrrrrrgh.... ?

Lihatlah Film itu... Anda-anda semua akan tahu jawabannya.....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 07:40

iYuS wrote:
duh.... ngomong opo seh wong kabeh iki.....

51 51 51 51 51

Sebenarnya itu masalah simple......

Pernah Liat Film Arrrrrrgh.... ?

Lihatlah Film itu... Anda-anda semua akan tahu jawabannya.....

wes menurutmu opo jawabanne
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
iYuS
Tamu
Tamu
avatar

Jumlah posting : 53
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 08:07

Jeepunc wrote:
iYuS wrote:
duh.... ngomong opo seh wong kabeh iki.....

51 51 51 51 51

Sebenarnya itu masalah simple......

Pernah Liat Film Arrrrrrgh.... ?

Lihatlah Film itu... Anda-anda semua akan tahu jawabannya.....

wes menurutmu opo jawabanne

OK.

semuanya itu awalnya tidak ada.....
cuman manusia itu punya pikiran jadi itulah gunanya pikiran...

contoh.....

manusia.... awalnya tidak punya nama, kita sepakat beri nama ( A )....
A awalnya sendirian di hutan...
suatu ketika A bertemu dengan sesamanya ( A lainnya --> kita sepakat kasih keteranga A1)...

mereka berdua tidak bisa berinteraksi... karena mereka punya akal...
di buat suatu KESEPAKATAN.....
mereka berdua berbeda dengan yang lainnya...
lalu mereka berdua SEPAKAT kalo yang itu di namakan tumbuhan ( karena diam ), sedangkan yang itu Hewan ( karena bergerak )
kemudian mereka berpikir lagi.... ternyata yang bergerak itu banyak jumlahnya dan mereka berlainan...

akhirnya Mereka berdua ( A dan A1 ) SEPAKAT Kalo yang ada bulunya itu Sinchan, dan kalo yang nggak ada bulunya itu di namakan Jipang...

itulah awal mulanya...
sampai seterusnya...
intinya semuanya itu adalah suatu KESEPAKATAN antara suatu makhluk yang berpikir..

menurutku.....

Teman-teman Forum ini juga akan SEPAKAT kalo aku tuh CERDAS asline.. 51 51
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
chiw
Orang Lapangan
Orang Lapangan
avatar

Jumlah posting : 210
Join date : 30.11.08
Age : 30
Lokasi : warung rahayu

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 08:08

wesd dijelasne ambek dosen psikologine Jipang...

arek Forum iki SEPAKAT lek umak diarani MENGONG...



44


20
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://chiw.wordpress.com
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 08:09

koyoke wes tak jelasno nang jawabanku sakdurunge 44 44
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 08:09

chiw wrote:
wesd dijelasne ambek dosen psikologine Jipang...

arek Forum iki SEPAKAT lek umak diarani MENGONG...



44


20

mengong + +

44 44

wupsss serius lagi 21
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
iYuS
Tamu
Tamu
avatar

Jumlah posting : 53
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 08:21

Jeepunc wrote:
koyoke wes tak jelasno nang jawabanku sakdurunge 44 44

IYO TA.... aku nggak moco sing dek tengah tengah.... 111

kolem pendapat sing iku wess poko'e...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
bamz
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 146
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 12:43

lol!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Encus_cus
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 154
Join date : 30.11.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 12:46

bamz wrote:
lol!
Ojok Ngguya Ngguyu Bamz
Awakmu Yo Mengong
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
bamz
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 146
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 13:13

Dilarang Nesuu..ayo ngpi sik.. 41
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Encus_cus
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 154
Join date : 30.11.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   4th December 2008, 13:17

bamz wrote:
Dilarang Nesuu..ayo ngpi sik.. 41

Utang ono Sik Hayo!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   5th December 2008, 06:04

minggat-minggat !!!!! iki ruangan gawe serius 37
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
bamz
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 146
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   5th December 2008, 06:08

iku lho rungokno

iyo Pang,arek nduwurku iku angel diajak serius.. 26
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   5th December 2008, 06:29

bamz wrote:
iku lho rungokno

iyo Pang,arek nduwurku iku angel diajak serius.. 26

koen pisan kaplok
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
lilalilo
Anak Sekolahan
Anak Sekolahan
avatar

Jumlah posting : 82
Join date : 02.12.08
Lokasi : malang tok wes

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   5th December 2008, 06:55

wes wes dameee dameeee......

saiki knopo kok A dibaca A dan mulud kita dioerintah untuk mangap AAAA
knapa ada hurup2........... ABCD dan seterusnya sampe Z???

knapa huruf Vokal hanya d batasi cuman A I U E O
apakah ada huruf vokal selain itu????

uraikan dan jabarkan pendapat nawak2 sekalian 4
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.djombieskavictim.blogspot.com
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   5th December 2008, 07:12

lilalilo wrote:
wes wes dameee dameeee......

saiki knopo kok A dibaca A dan mulud kita dioerintah untuk mangap AAAA
knapa ada hurup2........... ABCD dan seterusnya sampe Z???

karena sudah terjadi kesepakatan didalamnya, tapi tidak semua bangsa didunia yang bisa ngomong abjad romawi seperti itu, contoh di jepang, orang jepang gak bisa ngomong L, gak bisa ngomong G


knapa huruf Vokal hanya d batasi cuman A I U E O
apakah ada huruf vokal selain itu????



uraikan dan jabarkan pendapat nawak2 sekalian 4
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
Samurai X
Anak Sekolahan
Anak Sekolahan
avatar

Jumlah posting : 91
Join date : 30.11.08
Age : 29
Lokasi : Bumi AREMA

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   5th December 2008, 09:44

Jeepunc wrote:
lilalilo wrote:
wes wes dameee dameeee......

saiki knopo kok A dibaca A dan mulud kita dioerintah untuk mangap AAAA
knapa ada hurup2........... ABCD dan seterusnya sampe Z???

karena sudah terjadi kesepakatan didalamnya, tapi tidak semua bangsa didunia yang bisa ngomong abjad romawi seperti itu, contoh di jepang, orang jepang gak bisa ngomong L, gak bisa ngomong G


knapa huruf Vokal hanya d batasi cuman A I U E O
apakah ada huruf vokal selain itu???



uraikan dan jabarkan pendapat nawak2 sekalian 4

maaf... ayas belum bisa menemukan jawaban yang tepat... 33
mungkin teman2 yang lain bisa membantu..... 46
ta ngopi sik ...... 41
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
bamz
Mahasiswa / i
Mahasiswa / i
avatar

Jumlah posting : 146
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   5th December 2008, 13:25

Itu juga hasil kesepakatan.Kesepakatan yang terjadi karena kebiasaan kita bersama yang mengucapkannya demikian.Mungkin tadinya satu dua orang di negeri yang mengucapkan A dengan A,lalu semua orang meniru demikian,maka disepakatilah bahwa A itu dibaca A.
Hm,ayas jd tertarik untuk mencari sejarah masuknya huruf Latin ke negeri ini.

Di negara2 lain,huruf A mungkin tak dibaca A seperti halnya di negara kita.
Huruf A bisa dibaca secara berbeda antara di Indonesia,Rusia,Inggris,dll.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   5th December 2008, 13:33

lilalilo wrote:

knapa huruf Vokal hanya d batasi cuman A I U E O
apakah ada huruf vokal selain itu????



bukan dibatasi, yang tepat adalah TERBATAS

huruf vokal lain TIDAK ADA

5 huruf vokal tersebut sangat penting karena semua huruf konsonan tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan 5 huruf vokal itu
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
lilalilo
Anak Sekolahan
Anak Sekolahan
avatar

Jumlah posting : 82
Join date : 02.12.08
Lokasi : malang tok wes

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   5th December 2008, 23:36

Jeepunc wrote:
lilalilo wrote:

knapa huruf Vokal hanya d batasi cuman A I U E O
apakah ada huruf vokal selain itu????
bukan dibatasi, yang tepat adalah TERBATAS
huruf vokal lain TIDAK ADA
5 huruf vokal tersebut sangat penting karena semua huruf konsonan tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan 5 huruf vokal itu

di indo I di baca i biasa
di inggris I dibaca ai ......
knopo kok gag podo hayoo lek jare iki kesepakatan.......

ngerti dialek??
dialek vokal utk masing2 daerah iku yo bedo bedo lan wakeh macem e........

45
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.djombieskavictim.blogspot.com
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   6th December 2008, 00:07

lilalilo wrote:
Jeepunc wrote:
lilalilo wrote:

knapa huruf Vokal hanya d batasi cuman A I U E O
apakah ada huruf vokal selain itu????
bukan dibatasi, yang tepat adalah TERBATAS
huruf vokal lain TIDAK ADA
5 huruf vokal tersebut sangat penting karena semua huruf konsonan tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan 5 huruf vokal itu

di indo I di baca i biasa
di inggris I dibaca ai ......
knopo kok gag podo hayoo lek jare iki kesepakatan.......

ngerti dialek??
dialek vokal utk masing2 daerah iku yo bedo bedo lan wakeh macem e........

45

kesepakatan yang ayas maksud adalah kesepakatan yang terjadi antar dua orang atau lebih, satu kelompok atau lebih, satu pulau atau lebih, satu suku atau lebih, satu negara atau lebih, bahkan kesepakatan seluruh dunia, so apabila huruf1 vokal tersebut cara baca dan bunyinya berbeda karena setiap negara mempunyai cara pengucapan yang berbeda pula, dan itu bukan kesepakatan antar negara tapi kesepakatan dalam satu negara saja. dan, untuk dialek itu juga kesepakataqn antar sesama orang-orang daerah tersebut saja
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
tom_mad
Anak Sekolahan
Anak Sekolahan
avatar

Jumlah posting : 103
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   6th December 2008, 03:27

wes aq kolem jagongan ae.....pank kopi... 41
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
iYuS
Tamu
Tamu
avatar

Jumlah posting : 53
Join date : 01.12.08

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   6th December 2008, 08:33

Jeepunc wrote:
lilalilo wrote:
Jeepunc wrote:
lilalilo wrote:

knapa huruf Vokal hanya d batasi cuman A I U E O
apakah ada huruf vokal selain itu????
bukan dibatasi, yang tepat adalah TERBATAS
huruf vokal lain TIDAK ADA
5 huruf vokal tersebut sangat penting karena semua huruf konsonan tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan 5 huruf vokal itu

di indo I di baca i biasa
di inggris I dibaca ai ......
knopo kok gag podo hayoo lek jare iki kesepakatan.......

ngerti dialek??
dialek vokal utk masing2 daerah iku yo bedo bedo lan wakeh macem e........

45

kesepakatan yang ayas maksud adalah kesepakatan yang terjadi antar dua orang atau lebih, satu kelompok atau lebih, satu pulau atau lebih, satu suku atau lebih, satu negara atau lebih, bahkan kesepakatan seluruh dunia, so apabila huruf1 vokal tersebut cara baca dan bunyinya berbeda karena setiap negara mempunyai cara pengucapan yang berbeda pula, dan itu bukan kesepakatan antar negara tapi kesepakatan dalam satu negara saja. dan, untuk dialek itu juga kesepakataqn antar sesama orang-orang daerah tersebut saja

SEPAKAT AKU KARO OMONGANE SINCHAN SING IKI..... TUMBEN AKU CHAN SEPAKAT KARO OMONGANE UMAK...... 35 35 41 41
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
pancet_manchunia
Anak Sekolahan
Anak Sekolahan
avatar

Jumlah posting : 88
Join date : 30.11.08
Lokasi : Ngeplaki seng Nakal Ndik warung

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   7th December 2008, 04:20

iYuS wrote:
zidani wrote:
aku durung kuliah dadi orah ngerti.... 25

Aku wess kuliah Tapi DO dadi yo nggak eroh pisan..... 52 52
Ayas kuliah tapi kakean mbolos yo tambah ra itreng seng jelas manusia yo manusia bukan hewan apalagi tumbuhan
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
pancet_manchunia
Anak Sekolahan
Anak Sekolahan
avatar

Jumlah posting : 88
Join date : 30.11.08
Lokasi : Ngeplaki seng Nakal Ndik warung

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   7th December 2008, 04:23

iYuS wrote:
Jeepunc wrote:
lilalilo wrote:
Jeepunc wrote:
lilalilo wrote:

knapa huruf Vokal hanya d batasi cuman A I U E O
apakah ada huruf vokal selain itu????
bukan dibatasi, yang tepat adalah TERBATAS
huruf vokal lain TIDAK ADA
5 huruf vokal tersebut sangat penting karena semua huruf konsonan tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan 5 huruf vokal itu

di indo I di baca i biasa
di inggris I dibaca ai ......
knopo kok gag podo hayoo lek jare iki kesepakatan.......

ngerti dialek??
dialek vokal utk masing2 daerah iku yo bedo bedo lan wakeh macem e........

45

kesepakatan yang ayas maksud adalah kesepakatan yang terjadi antar dua orang atau lebih, satu kelompok atau lebih, satu pulau atau lebih, satu suku atau lebih, satu negara atau lebih, bahkan kesepakatan seluruh dunia, so apabila huruf1 vokal tersebut cara baca dan bunyinya berbeda karena setiap negara mempunyai cara pengucapan yang berbeda pula, dan itu bukan kesepakatan antar negara tapi kesepakatan dalam satu negara saja. dan, untuk dialek itu juga kesepakataqn antar sesama orang-orang daerah tersebut saja

SEPAKAT AKU KARO OMONGANE SINCHAN SING IKI..... TUMBEN AKU CHAN SEPAKAT KARO OMONGANE UMAK...... 35 35 41 41
Seng ngelu yo hurup Jowo mosok hurup O ono 2maksute

BOLA
TOLONG
=====
Hurup E ono 3 (kcuali batak)

misale

EDAN
TELUR
ELEK

hurup e bedo kabeh carane ngucap
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Jeepunc
Pemilik Warung
Pemilik Warung
avatar

Jumlah posting : 518
Join date : 30.11.08
Lokasi : di warung ini

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   9th December 2008, 08:03

pancet_manchunia wrote:
iYuS wrote:
Jeepunc wrote:
lilalilo wrote:
Jeepunc wrote:
lilalilo wrote:

knapa huruf Vokal hanya d batasi cuman A I U E O
apakah ada huruf vokal selain itu????
bukan dibatasi, yang tepat adalah TERBATAS
huruf vokal lain TIDAK ADA
5 huruf vokal tersebut sangat penting karena semua huruf konsonan tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan 5 huruf vokal itu

di indo I di baca i biasa
di inggris I dibaca ai ......
knopo kok gag podo hayoo lek jare iki kesepakatan.......

ngerti dialek??
dialek vokal utk masing2 daerah iku yo bedo bedo lan wakeh macem e........

45

kesepakatan yang ayas maksud adalah kesepakatan yang terjadi antar dua orang atau lebih, satu kelompok atau lebih, satu pulau atau lebih, satu suku atau lebih, satu negara atau lebih, bahkan kesepakatan seluruh dunia, so apabila huruf1 vokal tersebut cara baca dan bunyinya berbeda karena setiap negara mempunyai cara pengucapan yang berbeda pula, dan itu bukan kesepakatan antar negara tapi kesepakatan dalam satu negara saja. dan, untuk dialek itu juga kesepakataqn antar sesama orang-orang daerah tersebut saja

SEPAKAT AKU KARO OMONGANE SINCHAN SING IKI..... TUMBEN AKU CHAN SEPAKAT KARO OMONGANE UMAK...... 35 35 41 41
Seng ngelu yo hurup Jowo mosok hurup O ono 2maksute

BOLA
TOLONG
=====
Hurup E ono 3 (kcuali batak)

misale

EDAN
TELUR
ELEK

hurup e bedo kabeh carane ngucap

tapi kan sepakat plus iso ngucapno dengan benar kan dan tau arti dari masing-masing kata, tul kan 14
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.the-up.com
lilalilo
Anak Sekolahan
Anak Sekolahan
avatar

Jumlah posting : 82
Join date : 02.12.08
Lokasi : malang tok wes

PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   11th December 2008, 00:39

berbeda beda tetapi tetap satu jua.......
BHINEKA TUNGGAL IKA

perbedaan itu indah kawand.... lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.djombieskavictim.blogspot.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: kenapa ... disebut ...   

Kembali Ke Atas Go down
 
kenapa ... disebut ...
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Kenapa Seseorang Seringkali Mengantuk?
» Kenapa Menikah Itu Lebih Sehat Dibanding Melajang?
» Kenapa Kesepian Bisa Bikin Gemuk
» status"break" tu ap siy???
» MMC ngk terbaca oleh HP

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: V.I.P Room-
Navigasi: